New Normal di Prancis


Assalamu’alaikum.

Blog terakhir bulan lalu ngomongin soal berakhirnya lockdown di Prancis tahap 1, yang belum baca boleh klik Prancis akhiri lockdown. Dibukanya lockdown atau déconfinement (baca: dekongfinemong) tahap 1 kemarin dimulai dari tanggal 11 Mei 2020 dan berakhir di tanggal 2 Juni 2020. Kemudian, pemerintah Prancis melanjutkan déconfinement dengan beberapa kebijakan yang diubah berdasarkan hasil evaluasi dan kondisi, mengingat kasus korona di Prancis sudah jauh menurun tapi belum sepenuhnya hilang. Jadi, mau tidak mau memang harus hidup berdampingan dengan virus tersebut dengan tetap beraktivitas, kalo di Indonesia disebutnya new normal ya. Lalu, seperti apa new normal di Prancis?

Pemerintah Prancis kembali melanjutkan déconfinement tahap 2 yang dimulai dari tanggal 2 Juni 2020 hingga 21 Juni 2020 kemarin. Beberapa kebijakan yang diubah dari tahap 1 di antaranya yaitu toko dan pusat perbelanjaan sudah dibuka kembali, aktivitas ibadah sebagian juga sudah diperbolehkan; beberapa masjid sudah menyelenggarakan shalat berjama’ah, dan masyarakat sudah boleh makan di restoran. Di pusat perbelanjaan atau mall, sirkulasi pengunjung diatur, dilengkapi dengan pembatas dan penunjuk arah di lantai, jadi seolah jalan di dalam mall terbagi menjadi dua, sehingga para pengunjung tidak papasan secara langsung. Berikut gambarannya.


Jadi kalo mau ke toko seberang harus muter dulu sesuai alur. Di toko-toko kecil pun juga demikian, pintu keluar dan masuk dibedakan. Selain itu, setiap toko membatasi pengunjungnya, ada yang hanya membolehkan 2 orang dalam ruangan, 7 orang, 10 orang, sepertinya tergantung besarnya toko tersebut. Pengunjung lainnya? Ngantri di luar dengan jarak. Kebayang ga sih, nungguin orang shopping milih-milih barang? Jadi kudu sabar, apalagi toko baju haha lucu aja. Mending ada yang jelas mau dibeli, kalo cuma sekedar liat-liat atau thawaf isi toko kayak hobi saya, ga cucuk sama ngantrinya hehe. Untuk shalat berjama’ah, antarmakmum berjarak kurang lebih 1 meter ketika melaksanakan shalat, seperti berikut.


Adapun pelayanan dine-in di restoran juga sudah diberlakukan. Kebetulan saya belum cobain makan di restoran hehe jadi kurang tau apakah antarmeja tetap diberi jarak atau seperti apa. Kurang lebih begitu situasi déconfinement tahap 2, masing-masing warga dihimbau untuk tetap menggunakan masker, terlebih ketika menggunakan transportasi umum.

Nah, hari ini tanggal 22 Juni 2020 merupakan hari pertama déconfinement tahap 3. Info yang saya dapatkan terkait kebijakan di tahap ketiga ini yaitu siswa sudah mulai masuk sekolah seperti biasa selama 5 hari dan bioskop sudah mulai dibuka. Nanti kita lihat akan seperti apa situasi di tahap ketiga ini, semoga semuanya semakin membaik. Aamiin^^

Terima kasih telah menyempatkan membaca, sampai jumpa di tulisan berikutnya ya!

Wassalamu’alaikum.

Komentar