A Thing Shocks Me In France #3 - Tukang Pos Punya Kunci Semua Apartemen

Assalamu’alaikum.

Masih ingat cerita saya tentang Kumpul Keluarga di Prancis? Dalam cerita tersebut, saya menyinggung soal surat dan kotak surat, karena memang setahun kemarin, saya dan suami berkutat dengan dua hal tersebut. Nah, ngomongin soal surat-menyurat, ada hal unik yang saya temukan di Prancis; tukang pos bisa masuk ke gedung apartemen kita buat naruh surat.

Di Indonesia gitu juga ga sih? Sedikit yang saya tau, kotak surat apartemen biasanya ditaruh di lantai dasar atau basement, terdiri dari puluhan kotak-kotak surat kecil, dan dilengkapi dengan nomor kamar dan nama penghuni. Tapi saya kurang tau, jika penghuninya dapat kiriman surat, apakah tukang posnya masukin sendiri ke kotak surat tersebut atau lewat penjaga apartemen. Bagi temen-temen yang tau, boleh berbagi info di kolom komentar ya^^. 

Di Prancis, kotak surat apartemen juga demikian, kotak-kotak surat ada di dalam gedung apartemen, biasanya di lantai dasar di dekat pintu utama. Hal yang berbeda yaitu gedung apartemen di sini tidak ada penjaganya. Selain itu, hanya ada satu pintu utama dan hanya penghuninya yang bisa punya akses masuk, baik dengan dengan kunci manual, kunci magnet, atau tapping kartu. Lalu bagaimana caranya sebuah surat bisa masuk ke kotak surat kita, padahal kotak surat ada di dalam gedung apartemen dan cuma kita yang bisa buka pintunya. Ternyata, tukang pos di sini punya kunci semua gedung apartemen! Jadi, di sini ada namanya kunci PTT (Poste, Telegraph, Telphone) dengan berbagai bentuk/tipe yang digunakan untuk keperluan akses kotak surat dan area semi-privat di suatu bangunan, sehingga memudahkan pendistribusian surat. Ga cuma tukang pos sih sebenernya, kunci tersebut juga diizinkan untuk distributor selebaran (promo/iklan), serta layanan darurat seperti pemadam kebakaran. Untuk lebih lengkapnya bisa baca di Lockpass-PTT. Nah, dengan adanya PTT tersebut, tukang pos bisa buka pintu gedung apartemen bagaimanapun bentuk kuncinya, masuk, kemudian naruh surat di kotak surat kita.

Trus gimana kalo dapetnya bukan surat tapi paket? Sejauh paketnya muat di kotak surat, misalnya buku kecil, tukang pos akan melakukan hal yang sama seperti ketika memasukkan surat. Berbeda halnya kalo paketnya gede yang dirasa ga muat di kotak surat, maka mereka akan pencet bel apartemen kita buat ngasih paketnya secara langsung. Tapi, kalo ternyata kita lagi ga di rumah, seperti saya tempo hari, tukang pos akan ninggalin surat pemberitahuan dan dipersilahkan untuk ambil paketnya di kantor pos terdekat atau minta dikirim lain waktu. Surat pemberitahuannya seperti ini.


Surat pemberitahuan tersebut memberitahukan bahwa tukang pos telah masuk ke apartemen anda tanggal 31/12/19 jam 10.00 tapi paketnya ga muat di kotak surat. Selain itu, pemberitahuan juga dikirimkan lewat email seperti berikut.

Waktu mau ambil paket ke kantor pos, tinggal tunjukkan surat atau email tersebut beserta kartu identitas ke petugas.

Itu tadi kalo tinggal di apartemen ya, kalo tinggalnya di rumah, tukang pos ga perlu sampe masuk ke dalam karena kotak surat biasanya berada di luar rumah. Berikut tukang pos yang lagi nganterin surat ke salah satu rumah tetangga kemarin siang. Rata-rata pada pake sepeda onthel hehe.


Begitulah kira-kira cara kerja tukang pos di sini, meskipun bisa masuk ke gedung apartemen kita, tapi tetep aman kok. Saya rasa sih insyaallah ga bakal ada kehilangan atau apa di apartemen, karena kerjanya profesional.

Terima kasih telah menyempatkan membaca, nantikan seri A Thing Shocks Me in France berikutnya ya!^^

Wassalamu’alaikum.

Komentar